Apa itu Stres?

Kidshealth.org mendefinisikan Stres sebagai perasaan yang tercipta ketika kita bereaksi terhadap kejadian tertentu. Ini adalah cara tubuh naik ke sebuah tantangan dan bersiap-siap untuk memenuhi situasi yang sulit dengan fokus, kekuatan, stamina, dan peningkatan kewaspadaan. 

Stres adalah semata-mata fakta alam - kekuatan dari dunia luar yang mempengaruhi individu. Individu merespons stres dengan cara yang mempengaruhi individu maupun lingkungan mereka. Oleh karena itu, semua makhluk hidup berada dalam pertukaran konstan dengan lingkungan sekitarnya (ekosistem), baik secara fisik maupun perilaku.

Peristiwa-peristiwa yang menimbulkan stres disebut stresor, dan meliputi berbagai macam situasi - mulai dari bahaya fisik langsung misalnya membuat presentasi kelas atau mengambil mata kuliah berat dalam semester anda. 

 
       Tubuh manusia merespons stres dengan mengaktifkan sistem saraf dan hormon tertentu. Hipotalamus mengirim sinyal kepada kelenjar adrenal untuk memproduksi lebih banyak hormon adrenalin dan kortisol dan melepaskan mereka ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini mempercepat denyut jantung, laju pernafasan, tekanan darah, dan metabolisme. Pembuluh darah terbuka lebih lebar untuk membiarkan lebih banyak darah mengalir ke kelompok otot besar, membuat otot kita waspada. Pupil melebar untuk memperbaiki penglihatan. Hati melepaskan sebagian cadangan glukosa untuk meningkatkan energi tubuh. Dan keringat dihasilkan untuk mendinginkan tubuh. 

        Semua perubahan fisik ini mempersiapkan seseorang untuk bereaksi dengan cepat dan efektif untuk menangani tekanan saat itu. Reaksi alamiah ini dikenal sebagai respons stres. Saat hal ini bekerja dengan baik, respons tubuh terhadap stres meningkatkan kemampuan seseorang untuk tampil baik di bawah tekanan. Tapi respons stres juga dapat menyebabkan masalah ketika bereaksi berlebihan atau gagal untuk mematikan dan me-reset sendiri dengan benar. 

Baik-Buruknya Stress
     
 tanggapan Stres (juga disebut respons stress) sangat penting dalam situasi darurat, seperti ketika seorang pengemudi membanting rem untuk menghindari kecelakaan. Ini juga dapat diaktifkan dalam bentuk yang lebih ringan pada saat tekanan ada tetapi tidak ada bahaya yang sebenarnya - seperti bersiap-siap untuk pergi ke sebuah pesta dansa besar, atau duduk tenang saat ujian akhir. Sedikit stres ini dapat membantu menjaga Anda pada jari-jari kaki, siap untuk naik ke sebuah tantangan. Dan sistem saraf dengan cepat kembali ke keadaan normal, berdiri untuk menanggapi lagi bila diperlukan.

      Keadaan stress jangka panjang dapat menghasilkan stress level rendah yang berjalan lama yang sulit bagi banyak orang. Sistem syaraf merasakan tekanan secara terus menerus dan sedikit diaktifkan dan dilanjutkan untuk memompa keluar hormon stress tambahan selama jangka waktu yang lama.

 Stress Signs
 Seperti halnya penyakit, stress juga dapat dikenai. Ada beberapa tanda-tanda ketika kita mengalami stress.
  • Jantung berdebar-debar
  • Nafas menjadi lebih cepat
  • Berkeringat
  • Otot-otot menegang
  • Tekanan darah meningkat
  • Mudah panik
  • Tegang
  • Nafsu makan berkurang/bertambah secara drastis
  • Insomnia
  • Diare
  • Pelupa
  • Mudah menangis
  •  Selalu merasa ingin menyendiri,dll

Secara otomatis, orang lain pun malas mendekat karena orang stress mudah sekali tersinggung alias sensi. Jika semakin parah, mau tidak mau keadaan psikologis orang stress akan ikut terpengaruh dan lama-lama akan mengalami fatigue (kelelahan). Akibatnya selanjutnya adalah terjadi breakdown. Sakit secara fisik, mental dan kejiwaan.

Deal with It!
 
     
Jadi apa yang harus anda lakukan? 
      Pertama anda harus tenang. 
    Jangan sampai panik atau frake out menguasai diri. Telusuri akar stress anda, lalu cari solusinya. Misalnya, anda stress hendak ujian, tapi setelah diteliti lebih jauh ternyata anda takut gagal karena belajar anda masih kurang. Ingat, sumber stress sering kali berasal dari diri sendiri. Jika begitu, solusinya juga dapat anda usahakan dari diri anda sendiri. Jangan biarkan masalah kecil sampai membuat anda stress karena terlalu anda pikirkan. Lebih baik fokus pada pencarian solusinya. Jika kita berpikir tentang penyebab stres, sifat respons stres, dan efek negatif dari beberapa tipe stres (yang berkepanjangan, tak terduga, atau tidak dapat diatur stres), beberapa strategi manajemen yang sehat menjadi jelas. Langkah pertama dalam manajemen stres latihan. Karena respons stres mempersiapkan kita untuk melawan atau melarikan diri, tubuh kita prima untuk bertindak. Olahraga dapat membantu menghindari kerusakan kesehatan kita yang dapat menyebabkan stres berkepanjangan. Pada kenyataannya, penelitian telah menemukan bahwa latihan adalah antidepresan yang ampuh, anxiolytic (memerangi kecemasan), dan tidur dapat menjadi bantuan bagi banyak orang.

 


 

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments